Keluarga dan Negara Mata Rantai Tak Terpisahkan


Keselamatan sebuah Negara tercermin dari bagaimana kondisi keluarga rakyatnya.Karena keluarga dan Negara merupakan mata rantai yang tak dapat dipisahkan. Jika keluarga berkualitas, maka sudah dapat dipastikan Negara akan maju. Karena kaum bapak memiliki peran dalam menentukan kemajuan Negara dan masa depan sebuah generasi.

Demikian sambutan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE yang disampaikan Asisten Pemerintahan Drs Tonny Sihombing MIP dalam seminar peran kepala keluarga sebagai panutan ataupahlawanrumahtangga, Senin (6/11) bertempat di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul.

Dikatakan lagi, sangat prihatin melihat daerah Humbang Hasundutan saat ini, masih terlihat kesenjangan antara harapan dengan kenyataan.Masihbanyak terlihat kaum bapak tidak produktif dengan menghabiskan waktu berlama-lama di kedai, sementara kaum ibu bekerja banting tulang di lading dan anak-anaknya ikut membantu sepulang sekolah untuk mencukupi kebutuhan keluarga.  Dengan seminar inilah, menguatkan dan mendorong serta menggugah kesadaran kaum bapak akan peran dan tanggung jawab agar mampu menjadi panutan bahkan pahlawan bagi keluarga.

Peran dan tanggung jawab kaum bapak sebagai kepala keluarga juga sangat mempengaruhi keharmonisan suami dengan istri. Para istri sangat mengharapkan agar suaminya bisa menjadi panutan dan teladan bagi anak-anak.Maka kaum bapak diharapkan bisa memenuhi dan untuk menciptakan pernikahan yang bahagia, harmonis yang berkenan kepada Tuhan.

Dalam seminar itu Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor memberikan tips kepada kaum bapak, dimulai dari langkah kecil untuk menghargai waktu yaitu bekerja dan produktif sesuai profesimasing-masing. Memberikan perhatian khusus kepada keluarga atau disebut quality time (waktu berkualitas bersama keluarga). Bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat, melaksanakan kewajiban adat, beribadah dan menyesuaikan porsinya masing-masing.  Seminar ini dapat menjadi salah satu instrument yang efektif dalam meningkatkan peran ayah sebagai panutan dan pahlawan bagi keluarganya.

‘Seminar ini menjadi wadah penyampaian pemikiran dan pendapat, bertanya, berdiskusi dan berbagai pengalaman. Sehingga memperkaya pengetahuan kita untuk diterapkan pada keluarga dan menjadi model teladan bagi warga sekitar.  Seminar ini diharapkan menambah modal kita meningkatkan kualitas keluarga-keluarga di Kabupaten Humbang Hasundutan untuk mendukung  kemajuan daerah kita’ tambah  Bupati Humbahas.

Kabag Kessos dr.Sugito Panjaitan menjelaskan maksud dan tujuan seminar ini sebagai upaya peningkatan kesadaran kaum bapak akan peran dan tanggung jawab sebagai kepala keluarga yang harus memberikan panutan dan sanggup menjadi pahlawan rumah tangga. Seminar ini dilaksanakan selama 2 hari dan pesertanya perwakilan kaum bapak dari 10 kecamatan. Narasumber dalam seminar yaitu rohaniawan Pdt. Julson PasaribuSTh, TP PKK Humbahas, Kadis Kesehatan dan Kadis Kopedagin Humbahas. (rel/rhs/Diskominfo)